Mengenal 10 Jenis Pasta Terpopuler dan Olahannya!

Dari jenis pasta spaghetti yang panjang dan tipis hingga cannelloni yang besar dan dapat diisi, pasta merupakan salah satu makanan yang paling populer di dunia dengan berbagai jenisnya yang beragam.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jenis-jenis pasta yang terkenal serta cara-cara mengolahnya agar menghasilkan hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Mengenal Jenis-jenis Pasta Populer

1. Spaghetti

jenis pasta Spaghetti

Spaghetti adalah salah satu jenis pasta yang paling populer di dunia. Pasta ini berbentuk panjang dan tipis, yang terbuat dari adonan tepung gandum.

Spaghetti biasanya disajikan dengan berbagai macam saus yang beragam, seperti saus daging, saus sayuran, atau saus bawang putih dan minyak zaitun.

Kelezatan spaghetti terletak pada kemampuannya untuk mengambil cita rasa saus dengan sempurna dan memberikan sensasi kenyal saat dikunyah. Beberapa hidangan yang populer dengan spaghetti adalah spaghetti bolognese, spaghetti aglio e olio, atau spaghetti carbonara.

2. Penne

jenis pasta Penne

Penne adalah jenis pasta berbentuk tabung yang dikenal dengan tampilan “ujung pena.” Pasta ini memiliki bentuk yang unik dan berlubang di tengahnya.

Kelebihan penne terletak pada kemampuannya untuk menampung saus kental dan krim dengan sempurna.

Penne sangat cocok untuk hidangan pasta panggang seperti Penne Arrabbiata atau pasta bakes dengan berbagai macam isian dan saus yang menggugah selera. Kombinasi tekstur kenyal dari penne dengan kelezatan sausnya membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.

3. Lasagna

jenis pasta Lasagna

Lasagna merujuk pada lembaran pasta tipis yang digunakan dalam hidangan yang dipanggang. Pasta ini umumnya digunakan untuk membuat hidangan lasagna yang terdiri dari lapisan pasta, isian, dan saus yang berbeda.

Lasagna dapat diisi dengan daging cincang, saus tomat, keju, dan sayuran. Kemudian, hidangan ini dipanggang hingga pasta matang dan semua lapisan bahan menyatu. Hidangan lasagna yang berpadu dengan rasa gurih daging dan sausnya memang susah ditolak!

BACA JUGA  Bisnis Modal Tipis: Contoh Proposal Perencanaan Usaha [Lengkap]

4. Ravioli

jenis pasta ravioli

Ravioli adalah pasta berbentuk persegi yang diisi dengan berbagai bahan seperti keju, makanan laut, daging, atau sayuran.

Ravioli bisa disajikan dengan berbagai macam saus, mulai dari saus tomat yang segar hingga saus krim yang kaya. Hidangan ini juga bisa dihidangkan dengan tetesan minyak zaitun dan taburan keju parmesan yang melengkapi cita rasanya.

Kelezatan ravioli terletak pada kombinasi tekstur kenyal pasta di luar dan kelezatan isian di dalamnya.

5. Linguine

jenis pasta Linguine

Linguine adalah variasi pasta yang mirip dengan spaghetti, tetapi memiliki bentuk yang lebih lebar dan pipih.

Pasta ini sering disajikan dengan saus berbasis krim yang kaya dan berbahan dasar keju atau seafood yang segar. Kombinasi linguine dengan saus krim dan seafood memberikan kelezatan yang tak tertandingi.

6. Rigatoni

jenis pasta Rigatoni

Rigatoni adalah pasta berbentuk tabung lebar yang cocok dengan saus kental dan diisi sayuran atau daging.

Pasta ini sangat pas digunakan dalam hidangan pasta panggang atau pasta gratin. Bentuknya yang besar dan lebar mampu menangkap saus dengan sempurna, sehingga menghasilkan hidangan pasta yang lezat dan mengenyangkan.

7. Farfalle

jenis pasta Farfalle

Farfalle atau yang juga dikenal sebagai pasta kupu-kupu.

Pasta ini sangat cocok untuk digunakan dalam hidangan pasta dengan saus keju yang kaya atau saus tomat yang kental. Keunikan bentuknya membuat farfalle menjadi pilihan yang populer dalam hidangan pasta dingin seperti salad atau dengan tambahan daging ayam panggang.

8. Fusilli

jenis pasta Fusilli

Fusilli adalah pasta berbentuk spiral yang cocok untuk hidangan dengan saus daging yang kaya atau sayuran yang renyah.

Bentuk spiralnya dapat menampung saus dengan baik, sehingga memberikan rasa yang meresap pada setiap helai pasta. Fusilli juga bisa diolah menjadi hidangan panggang atau pasta panggang dengan keju yang lezat.

BACA JUGA  5 Tips Cerdas Hemat Belanja Groceries

9. Macaroni

jenis pasta Macaroni

Macaroni adalah pasta berbentuk tabung kecil yang sering digunakan dalam hidangan seperti macaroni and cheese atau sup minestrone.

Pasta ini cocok untuk hidangan-hidangan dengan kuah atau saus yang lebih encer dan beragam isian. Bentuknya yang kecil dan melengkung memberikan keunikan pada setiap suapan hidangan.

10. Cannelloni

jenis pasta Cannelloni

Cannelloni adalah pasta berbentuk tabung besar yang dapat diisi dengan berbagai bahan.

Pasta ini sering digunakan dalam hidangan panggang dengan isian seperti daging cincang, sayuran, atau keju. Saus yang cocok untuk disajikan bersama cannelloni adalah saus tomat yang segar atau saus krim yang ringan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mengenal berbagai jenis pasta populer dan olahannya yang lezat dan menggugah selera. Dari spaghetti hingga cannelloni, setiap jenis pasta memiliki keunikan bentuk, tekstur, dan cara penyajian yang berbeda. Dengan mengenal berbagai jenis pasta ini, kita dapat mencoba variasi hidangan pasta yang lebih kreatif dan memuaskan selera kita. Selamat mencoba!

Tips Komunikasi Efektif di Tempat Kerja: Bikin Kerja Makin Lancar dan Asyik
Insight | Memahami Teori Kekayaan Media (Media Richness Theory (MRT))

Recommended Articles